Diberdayakan oleh Blogger.

Apa yang di maksud dengan Hipnotis

Apakah hipnotis itu?
Hipnotis adalah cabang ilmu psikologi yang mempelajari pengaruh sugesti terhadap pikiran manusia.
hipnotis disebut "hypnosis" atau "hypnotism" yang berasal kata "hypnos", nama dewa  tidur dalam mitologi Yunani Kuno.

Kata "Hipnotis" pertama kali diperkenalkan oleh James Braid, seorangdokter ternama di inggris yang hidup antara tahun 1795 - 1860. Sebelummasa Jame Braid, hipnotis dikenal dengan nama Mesmerism / Magnetism.. Namun perlu dipahami bahwa kondisi hipnotis tidaklahsama dengan tidur. Orang yang sedang tidur tidak menyadari dan tidak  bisa mendengar suara-suara disekitarnya. Sedangkan orang dalam kondisihipnotis, meskipun tubuhnya beristirahat (seperti tidur), ia masih bisamendengar dengan jelas dan merespon informasi yang diterimanya.hipnotis telah dipelajari secara ilmiah lebih dari 200 tahun. Banyak studiklinis dan eksperimental mencoba menentukan apa yang paling unik darihipnotis dibanding fenomena mental lainnya. Keunikan ini perlu dipahamiuntuk merumuskan sebuah definisi hipnotis yang akurat. Namun sampaisekarang, defisini hipnotis yang diungkapkan setiap tokoh masih berbeda- beda. Semua orang setuju adanya sesuatu yang dinamakan hipnotis, tapi berbeda pendapat mengenai apa itu hipnotis. Beberapa definisi tentanghipnotis yang pernah diungkapnya diantaranya:

-hipnotis adalah suatu kondisi yang menyerupai tidur yang dapatsecara sengaja dilakukan kepada seseorang, di mana seseorang yangdihipnotis bisa menjawab pertanyaan yang diajukan, serta menerimasugesti dengan tanpa perlawanan.

-hipnotis adalah teknik atau praktek dalam mempengaruhi orang lainuntuk masuk ke dalam kondisi trance hipnotis.

-hipnotis adalah suatu kondisi di mana perhatian menjadi sangatterpusat sehingga tingkat sugestibilitas (daya terima saran)meningkat sangat tinggi.

-hipnotis adalah seni komunikasi untuk mempengaruhi seseorangsehingga mengubah tingkat kesadarannya, yang dicapai dengan caramenurunkan gelombang otak dari Beta menjadi Alpha dan Theta.

sedangkan Hipnosis

Hipnosis (Inggris: hypnosis) adalah teknik atau praktik dalam mempengaruhi orang lain secara sengaja untuk masuk ke dalam kondisi yang menyerupai tidur, dimana seseorang yang terhipnotis bisa menjawab pertanyaan yang diajukan, serta menerima sugesti dengan tanpa perlawanan. Teknik ini sering dilakukan untuk menjelajahi alam bawah sadar.

Apakah hipnotis menggunakan kekuatan supranatural?
TIDAK. hipnotis adalah ilmu pengetahuan ilmiah walaupun terlihat misterius bagi orang yang belum mengenalnya. Seorang ahli hipnotis tidak memakai kekuatan supranatural, gaib, mistik, atau bantuan makhluk halus. hipnotis menggunakan sugesti atau pengaruh kata-kata yang disampaikan dengan teknik-teknik tertentu. Satu-satunya kekuatan dalam hipnotis adalah komunikasi.

Seperti apa rasanya dalam kondisi hipnotis?
Banyak orang yang belum tahu hipnotis, menganggap bahwa kondisi hipnotis itu sama dengan tidur atau pingsan. Sebenarnya, kondisi hipnotis adalah kondisi relaksasi pikiran yang biasanya disertai relaksasi tubuh seperti ketika Anda merilekskan tubuh Anda menuju tidur di malam hari. Ketika Anda dihipnotis, Anda akan merasakan seluruh tubuh rileks, pikiran fokus, perasaan damai, dan Anda tetap bisa mendengar suara di sekitar Anda.

Apakah hipnotis sama dengan menguasai pikiran orang lain?
TIDAK. Misalkan saya menghipnotis Anda. Meskipun Anda berada dalam kondisi hipnotis, bukan berarti Anda akan melaksanakan semua perintah saya. Pikiran bawah sadar tetap melindungi Anda dari sugesti yang merugikan dan melanggar keyakinan yang Anda anut. Misalnya, saya memerintahkan Anda untuk
Telanjang atau Membunuh teman Anda, maka Anda pasti menolak, bahkan Anda langsung terbangun dari hipnotis. Jika saya menghipnotis Anda, bukan berarti saya menguasai pikiran Anda. Memang benar sugesti akan sangat kuat pengaruhnya pada pikiran Anda, tetapi hanya sugesti yang tidak merugikan dan tidak melanggar keyakinan Anda.

Apakah hipnotis bisa digunakan untuk kejahatan?
TIDAK. Hasil penelitian oleh para pakar hipnotis menyatakan bahwa hipnotis tidak bisa digunakan untuk kejahatan. Aksi kejahatan yang sering diberitakan sebagai "kejahatan hipnotis" sebenarnya tidak menggunakan hipnotis. Media masa dan masyarakat menyebut-nya sebagai hipnotis karena mereka belum tahu hipnotis yang sebenarnya. Menurut pengamatan  aksi-aksi kejahatan yang diberitakan sebagai "kejahatan hipnotis itu" tidak lain hanya penipuan atau perampasan yang menggunakan obat tidur / obat bius.


Apa syarat orang yang bisa dihipnotis?
Banyak orang menganggap bahwa orang yang bisa dihipnotis adalah orang yang bodoh atau lemah pikirannya. Ini adalah anggapan yang salah. Faktanya, seseorang hanya bisa dihipnotis apabila orang tersebut cukup cerdas, mampu berkonsentrasi dan bisa berimajinasi. Hypnosis tidak bisa diterapkan kepada orang gila, idiot, orang tuli, atau anak kecil yang belum bisa berkomunikasi dua arah. Semakin cerdas seseorang semakin mudah dihipnotis. Jadi, jangan gembira kalau Anda merasa tidak akan bisa dihipnotis.

Apakah hipnotis bisa digunakan untuk memaksa orang lain?
Hipnotis tidak bisa terjadi karena paksaan. Seseorang hanya bisa terhipnotis apabila dia mau mengikuti perintah sang ahli hipnotis. Hipnotis adalah teknik persuasi atau seni berkomunikasi untuk membujuk seseorang melakukan apa yang kita perintahkan. Jika Anda memperhatikan pertunjukan hipnotis di Televisi, seseorang yang akan dihipnotis adalah orang yang bersedia dihipnotis dan bersedia tampil dalam acara Televisi. Mereka (orang yang dihipnotis) tahu kalau akan dihipnotis dan tahu dirinya sedang disorot kamera. Dari awal mereka sudah bersedia mengikuti perintah sang ahli hipnotis. Mereka pun sudah tahu bahwa mungkin mereka akan "dipermainkan" apabila mereka mau dihipnotis. Namun karena mereka ingin masuk Televisi atau karena ingin mencoba rasanya dihipnotis atau karena motivasi lainnya (misalnya imbalan uang), maka mereka bersedia "dipermainkan".

Adakah gelar khusus untuk praktisi hipnotis?
Seseorang yang ahli dalam hipnotis disebut "hypnostist", sedangkan orang yang mampu melakukan terapi penyembuhan dengan hipnotis disebut "hypnotherapist". Seseorang yang bisa menghipnotis belum tentu bisa melakukan terapi hipnotis dengan benar dan aman. Karena terapi hipnotis atau hipnoterapi tidak sekedar memberi perintah seperti dalam pertunjukan hipnotis. Seorang hypnotherapist harus memahami pikiran manusia, dasar-dasar psikologi, dan pengetahuan yang mendalam terhadap masalah yang ditanganinya. Tidak semua orang yang mengaku sebagai hypnotherapist punya kemampuan yang sama baiknya. Maka dari itu, Anda harus pandai memilih hypnotherapist yang kompeten dan bisa diandalkan.

Apa saja manfaat hipnotis?
Hipnotis adalah ilmu untuk "memprogram pikiran bawah sadar". Manfaat hipnotis amat sangat banyak sekali. Sampai-sampai saya tidak bisa membatasi apa saja yang bisa atau tidak bisa dibantu dengan hipnotis. Hipnotis bisa berperan dalam segala masalah yang berkaitan dengan pikiran dan perasaan. Hipnotis bisa digunakan untuk hiburan, mengubah perilaku, menghilangkan kebiasaan buruk, motivasi sukes, mengingkatkan kepercayaan diri, mengontrol perasaan, menyembuhkan penyakit, mengatasi rasa sakit, memaksimalkan kemampuan otak, dan masih banyak lagi.

antaranya kuga

    Pikiran positip "Saya penuh percaya diri dan optimisme..!"
    Menghiangkan kebiasaan merokok, pikiran positip sebagai tenaga sales yang handal, pikiran positip sebagai karyawan yang dapat diandalkan,dll...
    Intinya anda dapat tanamkan buah pikiran yang positip, untuk kemajuan karir, kesehatan dan hidup anda

Apa efek samping setelah dihipnotis ?
Hipnotis sangat aman apabila dilakukan oleh orang yang kompeten bidang ini. Sama sekali tidak ada efek samping yang merugikan apabila hipnotis yang sudah terlatih dengan baik. Mungkin Anda takut tidak bisa bangun dari hipnotis atau takut akan kehilangan ingatan Anda setelah bangun dari kondisi hipnotis. Namun faktanya, tidak pernah ada orang yang tidak bisa bangun dari hipnotis atau menjadi lupa ingatan karena hipnotis. Sebaliknya, hipnotis memberi efek samping positif yaitu meningkatnya konsentrasi orang yang dihipnotis.

Apa bedanya hipnotis, hipnotisme, hipnosis, hypnotism dan hypnosis?
Tidak ada bedanya. Semua itu hanyalah istilah-istilah yang berbeda untuk menyebut suatu hal yang sama. Kata hipnotis, hipnotisme dan hipnosis dipakai di Indonesia. Sedangkan kata hypnotism dan hypnosis dipakai dalam Bahasa Inggris.

Apakah Hipnotis jahat ?
Hipnotis adalah suatu alat atau metoda, seperti halnya pisau yang dapat digunakan sebagai alat untuk merajang buah atau untuk membunuh, Seperti halnya ilmu fisika, ,
Semua jahat atau baik terletak pada pelakunya.
Hipnotis bagaikan pisau bermata dua

Apakah ada persyaratan bagi setiap orang agar dapat mempelajari Hipnotis ?
Hipnotis adalah seni komunikasi dan sugesti, dan sama sekali tidak mengandung unsur mistik atau magic, sehingga siapapun, tanpa syarat, asalkan dapat berkomunikasi dengan baik dan percaya diri, maka berpotensi untuk menjadi ahli di bidang hypnotisme.

Apakah setiap orang dapat dihipnotis dengan mudah seperti halnya yang ditampilkan di layar televisi ?
Tentu tidak! Sugestivitas setiap orang tidak sama. Demikian juga tingkat kedalaman “trance” seseorang tidak sama. Acara Stage Hypnotist di televisi telah dipersiapkan sedemikian rupa, terutama dengan memilih mereka-mereka yang mudah di hipnotis dan dapat dengan cepat masuk ke tingkat “trance” yang dalam.

Apakah dengan di-Hipnotis berarti saya dikendalikan oleh seorang pengHipnotis atau hypnotist ?
Tidak! Hipnotis tidak akan berlangsung tanpa keinginan atau bertentangan dengan nilai-nilai dasar orang yang diHipnotis. Sebaliknya,Hipnotis memperkuat nilai dan keinginan orang yang dihipnotis.
Apakah setiap orang dapat di-Hipnotis ?
Ya! Jika yang bersangkutan tidak menolak, mampu untuk focus, memahami komunikasi dan terlebih lagi bila pandai bervisualisasi 

Metoda Hipnotis dapat mempertajam dan memperkuat keinginan dan nilai dasar seseorang, maka Hipnotis sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Pada saat kita memasuki keadaan Hipnotis, kita akan lebih mudah untuk menerima sugesti apalagi sugesti tersebut sesuai dengan keinginan dan nilai dasar kita.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Ditulis oleh: Unknown - Kamis, 03 Januari 2013

6 komentar untuk "Apa yang di maksud dengan Hipnotis"

  1. makasih inponya, kebetulan lagi nulis tentang hipnotis

    BalasHapus
  2. Inponyta sangat bermanfaat, jadi lebih paham dengan apa itu hipnosis.

    HIPNOTIS SURABAYA

    BalasHapus
  3. adakah bermeditasi itu seumpama menhipnotiskan diri sendiri?

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas info yang dikongsikan sekarang saya faham apa itu hipnotis.

    BalasHapus